Angkat Mensesneg Jadi Koordinator Pencarian Cawapres, Jokowi “Offside”

Majalah Parlemen, Jakarta. Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Mardani menilai, Presiden Joko Widodo sudah “offside” karena mengangkat Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjadi Koordinator Pencarian Bakal Calon Wakil Presiden untuk Pemilu 2019 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (13/3/2018). Menurut Mardani, Presiden Jokowi telah bertindak melampaui batas dengan mengangkat Mensesneg menjadi Koordinator Pencarian Bakal Calon Wakil Presiden, di mana Bakal Calon Presiden tersebut disiapkan untuk mendampingi Joko Widodo pada Pemilu 2019 mendatang.

Menurut anggota DPR dari Fraksi PKS itu, seorang menteri aktif seharusnya fokus dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia No.21 Tahun 2015. “Bukan malah berpolitik praktis. Ini contoh buruk dari pengelolaan manajemen pemerintah,” ujar Mardani.

Dalam pandangan Mardani, Joko Widodo sebagai Presiden sudah beberapa kali memanfaatkan fasilitas negara untuk melakukan kampanye politik secara pribadi. “Sebelum kasus ini, kita masih ingat postingan akun Twitter Resmi Kantor Staf Presiden yang memposting ucapan selamat Presiden Jokowi karena telah dicalonkan kembali sebagai Calon Presiden di Pemilu 2019 oleh PDI Perjuangan,” ujarnya.

Mardani mengaku akan mendalami kasus ini. Bahkan ia berencana melakukan protes kepada KPU dan Bawaslu. “PKS akan mendalami kasus ini, dan akan melakukan protes keras,” katanya, seraya menyarankan, sebaiknya Presiden Jokowi tidak lagi semena-mena memanfaatkan fasilitas negara untuk melakukan kampanye pribadi.

“Akan lebih baik jika Presiden Jokowi membuat tim eksternal, bukan tim yang berasal dari kementerian atau kabinet yang saat ini masih menjabat,” katanya. *** (nas/sap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *