Bupati Pemalang Terima dan Lepas Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam IV/Diponegoro

Pada hari Selasa tanggal 18 Desember 2018 pukul 11.50 s.d .14.40 WIB bertempat di Wilayah Kab. Pemalang telah dilaksanan rangkaian kegiatan Gerak Jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Dam IV /Diponegoro dalam rangka memperingati Hari Infanteri TA. 2018 ke 70 dengan tema “Tonting Yudha Wastu Pramuka Mewujudkan Semangat Juang dan Soliditas Prajurit Bersama Rakyat” yang diikuti 500 orang.

Rangkaian kegiatan antara lain, pada pukul 11.50 Wib Peleton Beranting YWPJ Yonif Mek 413/Kostrad yang dipimpin oleh Letda Inf M.Rizal (Danton Peleton Beranting Etafe VIII) tiba di titik istirahat ke dua dilapangan Kepetek Desa Belik Kec.Belik Kab.Pemalang.
Pukul 12.30 Wib Peleton beranting YWPJ Yonif Mek 413/Kostrad dipimpin Letda Inf M.Rizal melanjutkan perjalanan menuju lapangan Candi Batur Desa Bulakan Kec.Belik Kab.Pemalang.
Pukul 13.45 Wib Peleton beranting YWPJ Yonif Mek 413/Kostrad yang dipimpin oleh Letda Inf.M.Rizal (Danton Peleton Beranting Etafe VIII) tiba dilapangan Candi Batur Desa Bulakan Kec.Belik Kab.Pemalang untuk melaksanakan serah terima.

Pada pukul 14.10 s.d 14.40 Wib
bertempat di Lapangan Candi Batur Desa Bulakan Kec.Belik Kab.Pemalang telah dilaksanakan kegiatan Upacara serah terima simbol Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape VIII Yonif Mek 413/Kostrad yang dipimpin Letda Inf (Danton Peleton Beranting etafe VIII) kepada Peleton Beranting YWPJ ke Etape ke IX Yonif 406/CK yang dipimpin oleh Letda Inf I Made Satria (Danton Peleton Beranting Etape ke IX) dengan Tema “Tonting Yudha Wastu Pramuka Mewujudkan Semangat Juang dan solaidaritas prajurit bersama rakyat” sebagai sebagai Irup Bupati Pemalang H.Junaedi, S.H.

Setelah serah teria pada pukul 14.50 Wib, Peleton beranting YWPJ Yonif 406/CK dipimpin Letda Inf. I Made Satria (Danton beranting etape IX) melanjutkan perjalanan menuju etape X ke wilayah Kec.Bantarbolang Kab. Pemalang.

Serah terima dan pelepasan Tonting Yudha Wastu Pramuka di etape IX dihadiri H. Junaedi SH.MM (Bupati Pemalang), Kolonel Inf Amrin Ibrahim SIP (Danrindam IV/Diponegoro), Kolonel Kav Dani Wardhana S,Sos., M.M., M.Han (Danrem 071/WK), Kolonel Inf Angkas Pribadi (Dandenma Kodam IV/Diponegoro), Letkol Inf Edy Supriyadi S.S. MM.M.Tr.(Han) (Dandim 0711/Pemalang), Ferizal SH.MM (Kajari Pemalang), Letkol Laut (P) Agus Hariyanto SE. M.tr.Hanla (Danlanal Tegal), Mayor Lek Edy Supartono (Dansatradar 214 Tegal), Kompol Supriyadi (Kabag Sunda Polres Pemalang), Muspika Kecamatan Pemalang Selatan, Kades se Kec.Belik dan Ka Dinas Instansi Kec.Belik

Susunan pasukan upacara terdiri dari, 1 SST Yonif Mek 413/Kostrad (Peleton Inti Beranting Etape ke VIII), 1 SST Yonif 406/CK (Peleton Inti Beranting Etape ke IX), 1 SST Brimob Polda (Peleton Pendamping Beranting Etape ke VIII), 1 SST Polres Pemalang, 1 SST Sat Pol PP Pemalang, 1 SST Banser, 1 SST Pemuda Pancasila, 1 SST Karang Taruna, 1 SSR Pramuka.

Bupati Pemalang H. Junaedi, S.H., M.M. dalam sambutannya menyampaikan, apresiasinya atas kegiatan tersebut. “Atas nama masyarakat Pemalang, saya
merasa bangga dan berbahagia, karena pada saat ini dapat bersilaturahmi dengan keluarga besar Korps Infanteri, yang pada saat ini sedang melaksanakan kegiatan gerak jalan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam rangka Hari Infanteri Ke-70 Tahun 2018”, ujarnya.

“Selamat datang di Kabupaten Pemalang, kepada
Komandan Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya dan segenap personil, disertai terima kasih dan penghargaan yang tinggi, karena telah menjadikan Kabupaten Pemalang, sebagai salah satu lokasi rangkaian kegiatan peleton beranting tersebut”, lanjutnya.

Dikatakan, sebagaimana ketahui bersama,
gerak jalan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini pada dasarnya mempunyai sasaran dan tujuan yakni memelihara kebanggaan Korps dan tradisi Infanteri, memelihara kemampuan mobilitas jalan kaki dan meningkatkan kondisi fisik prajurit, memelihara dan
meningkatkan nilai-nilai kejuangan serta memupuk jiwa korsa.

“Kegiatan gerak jalan peleton beranting
Yudha Wastu Pramuka Jaya yang dilaksanakan ini merupakan wujud upaya peningkatan profesionalisme keprajuritan serta pembinaan untuk mewujudkan kesiapan satuan serta menjaga agar tetap terpeliharanya kemampuan, ketrampilan dan profesionaitas prajurit sesuai bidang tugasnya masing-masing”, terangnya.

“Saya berharap kegiatan gerak jalan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia ini sekiranya dapat dijadikan sebagai momentum untuk memelihara nilai-nilai kejuangan satuan infanteri dengan cara
meningkatkan sinergitas dengan rakyat dan kerjasama dengan kecabangan lain agar diperoleh kondisi kesiapan mental serta nilai-nilai kebanggaan prajurit infanteri”, harapnya.

Semoga apa yang telah dilakukan oleh Korps infanteri melalui kegiatan peleton beranting yang sekaligus napak tilas perjuangan Jenderal Soedirman ini dapat memberi teladan dan pengetahuan utamanya kepada anak-anak kita betapa luar biasanya semangat juang Jenderal Soedirman dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.(dohan)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »